Pengembangan Media Kartu Pintar Pada Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IIS SMA Negeri 20 Surabaya

  • DURARUL BAHYYAH

Abstract

Proses pembelajaran yang sedang berlangsung di SMA Negeri 20 Surabaya masih menggunakan power point, papan tulis yang dibantu dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran bersifat kurang efisien dan menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui (1) kelayakan media kartu pintar , (2) hasil belajar, dan (3) respon siswa terhadap media kartu pintar. Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan 4D. Subyek penelitian ini menggunakan 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan wawancara dan angket. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari keseluruhan hasil validasi kelayakan media dan uji coba terbatas pada penggunaan media pembelajaran kartu pintar pada materi perdagangan internasional yaitu diperoleh dari ahli materi rata-rata 89,04%, ahli media rata-rata 75%, hasil belajar memperoleh ketuntasan sebesar 100%, dan respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 84,99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu pintar pada materi perdagangan internasional dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan media kartu pintar






Published
2018-08-13
How to Cite
BAHYYAH, D. (2018). Pengembangan Media Kartu Pintar Pada Materi Perdagangan Internasional Kelas XI IIS SMA Negeri 20 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 120