PENGARUH MODERNITAS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 1 TALUN

  • ROSIDA MAHARANI

Abstract

Abstrak

Siswa SMA yang sedang dalam usia remaja, sering kali menghadapi dorongan untuk mengikuti tren sehingga memicu terjadinya pola konsumsi yang irasional. Agar siswa memiliki perilaku konsumsi yang rasional, maka diperlukan adanya modernitas dan literasi ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan modernitas terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (2) mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (3) mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan modernitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun. Metode penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari moderitas terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan dari literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan dari moderitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun.

Kata kunci : Modernitas, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumsi

Published
2018-08-13
How to Cite
MAHARANI, R. (2018). PENGARUH MODERNITAS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 1 TALUN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 326
PDF Downloads: 390