PENGARUH MODERNITAS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 1 TALUN
Abstract
Abstrak
Siswa SMA yang sedang dalam usia remaja, sering kali menghadapi dorongan untuk mengikuti tren sehingga memicu terjadinya pola konsumsi yang irasional. Agar siswa memiliki perilaku konsumsi yang rasional, maka diperlukan adanya modernitas dan literasi ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan modernitas terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (2) mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (3) mendeskripsikan pengaruh positif dan signifikan modernitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun. Metode penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari moderitas terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan dari literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan dari moderitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Talun.
Kata kunci : Modernitas, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumsi
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 390