PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Ketimpangan antara lapangan pekerjaan dengan pencari kerja sangat berbanding terrbalik, dimana lapangan pekerjaan lebih sedikit dari pada angka pengangguran. Maka untuk mengatasinya diperlukan sumber tenaga kerja yang berkualitas. Hal tersebut dapat diperoleh dari pemahaman literasi ekonomi dan pemahaman praktik terkait berwirausaha dengan memanfaatkan media sosial yang modern saat ini. Tujuan penelitian untuk menganalisa seberapa besar pengaruh literasi ekonomi dan tingkat penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 270 responden dengan taraf kesalahan 5%. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi ekonomi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi, (2) Tingkat penggunaan media sosial secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, (3) Literasi ekonomi dan tingkat penggunaan media sosial secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Kata Kunci : literasi ekonomi, tingkat penggunaan media sosial, minat berwirausaha.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 1968