PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • AIDA FATIMATUS SAHROH

Abstract

Ketimpangan antara lapangan pekerjaan dengan pencari kerja sangat berbanding terrbalik, dimana lapangan pekerjaan lebih sedikit dari pada angka pengangguran. Maka untuk mengatasinya diperlukan sumber tenaga kerja yang berkualitas. Hal tersebut dapat diperoleh dari pemahaman literasi ekonomi dan pemahaman praktik terkait berwirausaha dengan memanfaatkan media sosial yang modern saat ini. Tujuan penelitian untuk menganalisa seberapa besar pengaruh literasi ekonomi dan tingkat penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 270 responden dengan taraf kesalahan 5%. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi ekonomi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi, (2) Tingkat penggunaan media sosial secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, (3) Literasi ekonomi dan tingkat penggunaan media sosial secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Kata Kunci : literasi ekonomi, tingkat penggunaan media sosial, minat berwirausaha.






Published
2018-08-13
How to Cite
FATIMATUS SAHROH, A. (2018). PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1633
PDF Downloads: 1968