Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Usaha Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan Pada Mata Pelajaran Ekonomi

  • FITRI FERDIAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan pada mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan pada mata pelajaran ekonomi, dan untuk mengetahui hubungan antara usaha belajar dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan pada mata pelajaran ekonomi. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 102 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dengan menggunakan SPSS 16.0. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan pada mata pelajaran ekonomi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan pada mata pelajaran ekonomi, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara usaha belajar dengan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan.

Kata Kunci: Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Usaha Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

This study aims to determine the relationship between the use of learning facilities with the learning outcomes of class X MIPA students at SMA Negeri 1 Gedangan on economic subjects, to determine the relationship between learning motivation and learning outcomes of class X MIPA students at SMA Negeri 1 Gedangan on economic subjects, and to find out the relationship between learning effort and the learning outcomes of class X MIPA students at SMA Negeri 1 Gedangan on economic subjects. The sample in this study were 102 students. The analysis technique used in this study is product moment correlation analysis using SPSS 16.0. The type of research used is sexplanatory with a quatitative approach. Based on the results of the study it is known that there is a positive and significant relationship between the use pf learning facilities with the learning outcomes of class X MIPA at SMA Negeri 1 Gedangan on economic subjects, there is a positive and significant relationship between learning motivation and learning outcomes of class X MIPA in SMA Negeri 1 Gedangan on economic subjects, and there is a positive and significant relationship between learning effort and the learning outcomes of class X MIPA students at SMA Negeri 1 Gedangan.

Keywords: Utilization of Learning Facilities, Motivation to Learn, Learning Effort, Learning Outcomes.








Published
2018-08-13
How to Cite
FERDIAWATI, F. (2018). Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Usaha Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gedangan Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 335