Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMAN 3 Surabaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni (1) untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 3 Surabaya, (2) klasifikasi berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas XI IIS 3 dan kelas XI IIS 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yang kemudian dianalisis dengan uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan pada uji t yaitu 0,000 < 0,05. (2) Tingkatan kemampuan berpikir kritis kedua kelas mengalami peningkatan dari kritis ke sangat kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 3 Surabaya dan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Kata Kunci: problem based learning, kemampuan berpikir kritis.Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 1002