PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS

Authors

  • FIROSA NUR AINI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh game based learning terhadap minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh game based learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen tipe eksperimen semu bentuk desain nonequivalen control grup design. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa game based learning berpengaruh terhadap minat belajar. Hasil uji-t minat belajar siswa menunjukkan nilai signifikan yakni 0,000 > dari 0,05. Dengan nilai rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen 63,2% dan kelas kontrol 60%. Sehingga dapat disimpulkan game based learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Serta game based learning berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan yakni 0,000 > dari 0,05. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 81% dan pada kelas kontrol sebesar 69%. Sehingga dapat disimpulkan game based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: game based leaning, minat belajar, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21

How to Cite

NUR AINI, F. (2018). PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2234 , PDF Downloads: 3173