PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PEDAGOGIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVESITAS NEGERI SURABAYA

  • DESTA VIRONICA DEWY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran pengaruh pekerjaan orang tua, fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar mata kuliah pedagogik mahasiswa prodi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket serta analisi yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerjaan orang tua memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar dengan besaran pengarunya 0,129%, fasilitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan besaran pengaruhnya 1,863% dan motivasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar dengan besaran pengaruhnya 2,145%. Sedangkan secara simultan pekerjaan orang tua, fasilitas belajar dan motivasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar dengan pesaran pengaruhnya 0,133% sedangkan sisanya yaitu 99,87% ditentukan oleh variasi dari variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : pekerjaan orang tua, fasilitas belajar,motivasi,hasil belajar, matakuliah pedagogik

Published
2018-08-23
How to Cite
VIRONICA DEWY, D. (2018). PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PEDAGOGIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVESITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 146