PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PEDAGOGIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVESITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran pengaruh pekerjaan orang tua, fasilitas belajar dan motivasi terhadap hasil belajar mata kuliah pedagogik mahasiswa prodi pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket serta analisi yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerjaan orang tua memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar dengan besaran pengarunya 0,129%, fasilitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan besaran pengaruhnya 1,863% dan motivasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar dengan besaran pengaruhnya 2,145%. Sedangkan secara simultan pekerjaan orang tua, fasilitas belajar dan motivasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar dengan pesaran pengaruhnya 0,133% sedangkan sisanya yaitu 99,87% ditentukan oleh variasi dari variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : pekerjaan orang tua, fasilitas belajar,motivasi,hasil belajar, matakuliah pedagogik
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 146