PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PLUMPANG

  • ISYUARI ISTI WIDYARANI IGATI

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Plumpang dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Plumpang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen tipe eksperimen semu (quasy eksperiment) menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menjelaskan datanya dengan menggunakan angka angka yang didapat dari pengaruh model Snowball Throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. penelitian ini bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berpengaruh aktivitas siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas%2 SMA Negeri 1 Plumpang. Hasil uji-t pada penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan rata-rata skor keaktifan kelas eksperimen adalah 80,3%sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 71,6%. Serta berpengaruh terhadap hasil belajar dimana dari hasil output uji t nilai signifikansi hasil belajar adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan rata-rata skor hasil belajar 68,1%menjadi 80,3%. Sehingga kesimpulannya model pembelajaran snowball throwing tersebut berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa

Kata Kunci : Snowball Throwing, Aktivitas, Hasil belajar

Published
2018-08-24
How to Cite
ISTI WIDYARANI IGATI, I. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PLUMPANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 361