PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA K.D 3.5 MENDESKRIPSIKAN BANK SENTRAL, SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT PEMBAYARAN DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA DI KELAS X IIS SMA
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan media, (2) kelayakan media, (3) efektifitas media dan (4) respon siswa terhadap media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powtoon pada KD 3.5 mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Desseminate) Uji coba terbatas pada penelitian pengembangan ini di lakukan pada 20 siswa kelas X IIS 3. Teknik analisis data penggunaannya berupa angket dan mewawancarai. Menganalisisnya dengan cara data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari keseluruhan yaitu bahwa proses pengembangan media pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum 2013, uji validasi materi memperoleh presentase sebesar 90,52% dengan kriteria sangat kuat dan hasil uji validasi media memperoleh presentase sebesar 93,33% dengan kriteria sangat kuat sedangkan efektifitas media pembelajaran pretest yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa dan postest jumlah siswa yang tidak tuntas menurun hanya 2 siswa dinyatakan sangat efektif dan hasil respons siswa memperoleh presentase sebesar 98,5% dengan kriteria sangat setuju. Sehingga dap mendapat kesimpulan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powtoon sangat layak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Aplikasi Powtoon, Hasil Belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 611