Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto sejumlah 93 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket serta analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap prestasi belajar dengan tingkat signifikansi 0,004 lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap prestasi belajar dengan tingkat signifikansi 0,006. Sedangkan secara simultan motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000dengan nilai koefiseen determinasi sebesar 0,239.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 393