PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Abstrak
Tujuan yang diharapkan dalam studi ini ialah mengetahui pengaruh langsung positif kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Metode studi yang digunakan ialah asosiatif kausal dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Populasi pada studi ini ialah semua siswa kelas XI SMA Negeri 15 Surabaya yang mempelajari ekonomi sejumlah 251 siswa. Berdasarkan hasil random sampling, sampel studi ini ialah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 15 Surabaya sejumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada studi ini memanfaatkan angket untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi guru dan nilai PTS untuk mengetahui hasil belajar. Berlandaskan hasil uji t (Parsial) studi ini memperlihatkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru, Hasil BelajarAbstract
Keywords: Student Perception About Teacher Competence, Learning Outcomes
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 237