HUBUNGAN EFIKASI DIRI, GAYA BELAJAR, LINGKUNGAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 KEDAMEAN

Authors

  • KUMALA DWI ANGGRAINI
  • YOYOK SOESATYO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p61-66

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, dan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan teman sebaya dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean, dan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan teman sebaya dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kedamean.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Gaya Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

DWI ANGGRAINI, K., & SOESATYO, Y. (2019). HUBUNGAN EFIKASI DIRI, GAYA BELAJAR, LINGKUNGAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 KEDAMEAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 61–66. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p61-66

Issue

Section

Articles
Abstract views: 381 , PDF Downloads: 489