PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KD PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD serta menganalisis respon peserta didik dan efektifitas penggunaannya LKPD sebagai salah satu perangkat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4-D yang terdiri dari define, desain, development, dan disseminate. Pengumpulan data didapatkan dari hasil validasi kelayakan, pretest dan posttest, serta respon peserta didik. Hasil analisis yang sudah dilakukan materi dalam LKPD dinyatakan layak begitu pula dengan kelayakan kegrafikan dan kelayakan bahasa. Berdasarkan angket respons siswa, tingkat respons yang didapat adalah sebesar 81%. Berdasarkan hasil uji coba siswa yang mencapai ketuntasan belajar naik menjadi 76% dengan hasil N-Gain sebesar 0,7. Hal tersebut memperlihatkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning pada Kompetensi Dasar Perdagangan Internasional dapat meningkatkan berpikir kritis dan layak digunakan.
Abstract
This study aims to develop LKPD and analyse student responses and the effectiveness of using LKPD as a learning tool. The type of research used in this study is research and development (R&D) using a 4-D model consisting of define, design, development, and disseminate. Data collection was obtained from the results of validation of eligibility, pretest and posttest, and students' responses. The results of the analysis that have been done by the material in LKPD are declared to be feasible as well as the feasibility of graphic and language feasibility. Based on the student response questionnaire, the response rate obtained was 81%. Based on the results of student trials reaching mastery learning rose to 76% with an N-Gain result of 0.7. This shows that the development of LKPD based on Problem Based Learning in Basic International Trade Competencies can improve critical thinking and is appropriate for use.
References
Aisyah, L., & Suci, R. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 6 (1).
Amri, S. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis PBL (roblem based learning) Uuntu Meningkatkan Keterampilan Bberpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Journal Chemistry Education Review, Vol. 1 (2).
Dwijananti, P., & Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pproblem Based Iinstruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Esema, D., Susari, E., & Daniel, K. 2012. Problem Based Learning, Vol 28 (2).
Fithriyah, L., & Wiwik, S. U. 2018. Pengembangan lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 5 (9).
Huber, C. R., & Kuncel, N. R. 2016. Does College Teach Critical Thinking? A Meta-Analysis. Journal Review of Educational Research, Vol. 86 (2.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Rahmawati, S., Roektiningrum, E., & Maryanto, A. 2017. Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta DdidikSMP/MTs. Pendidikan Matematika Dan Sains, Vol. 6 (5).
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Warti, Y., & Hurriyah. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Natural Science Journal, 5 (1).
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 430