PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Esensinya pendidikan kewirausahaan dapat menanamkan jiwa wirausahawan pada diri mahasiswa bukan sekedar formalitas pemenuhan kewajiban mengikuti mata kuliah saja, sehingga perlu dikaji lebih jauh pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di kelas dan implementasi di lapangan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengenai persiapan dan kegiatan pendidikan kewirausahaan dalam kelas dinyatakan baik oleh 65,88% sampel penelitian. Aspek yang dinilai mulai dari kurikulum, silabus, sarana prasarana, kondisi kelas, penguasaan materi dan evaluasi. Kegiatan implementasi pendidikan kewirausahaan kurang maksimal, karena 56,47% sampel penelitian tidak melanjutkan usaha mereka, alasannya dikarenakan kesibukan perkuliahan dan usaha yang dijalankan kurang mampu memenuhi target laba yang diinginkan.
Kata kunci: pendidikan kewirausahaan, implementasi.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 2531