UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MULTIMEDIA
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi
aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) dengan menggunakan permainan multimedia 2)
mengidentifikasi aktivitas siswa dalam menerapkann model pembelajaran
kopoeratif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan
permainan multimedia 3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
dengan menggunakan permainan multimedia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksaksanaan,
pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
(TGT) dengan menggunakan permainan multimedia. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X-10 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Dalam penelitian
ini digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan data yang
diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar.
Dalam penelitian ini, diperoleh temuan bahwa aktivitas guru
termasuk dalam kategori sangat baik dengan peningkatan pada setiap
siklusnya dan aktivitas siswa juga termasuk dalam kategori sangat baik
dengan persentase setiap siklus yang mengalami peningkatan. Hasil belajar
siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan
permainan multimedia mengalami peningkatan.
Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, TGT, Permainan multimedia, Hasil
belajar.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 186