PENGARUH KEANDALAN, BUKTI LANGSUNG, DAYA TANGGAP, JAMINAN, DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “ANEKA USAHA” PUSAT VETERINARIA FARMA

  • DESSILIA RAHARJO

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh  kemampuan Koperasi Pegawai Republik Indonesia
(KPRI) “Aneka Usaha” Pusat Veterinaria Farma dalam memenuhi kebutuhan anggota
melalui layanannya masih kurang dibandingkan dengan badan usaha lain. Barang-barang
yang disediakan oleh unit usaha pertokoan (Koperasi Mart Aneka Usaha) masih kurang
lengkap, kualitas beberapa barang yang kurang baik dan pelayanannya yang kurang
maksimal sebagian anggota koperasi tidak begitu tertarik untuk berbelanja dan
memanfaatkan koperasi. Satu-satunya cara yang dapat diperjuangkan koperasi adalah
meningkatkan mutu kualitas pelayanan/jasa.  Penelitian ini diuji dengan menggunakan uji
regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah  ada pengaruh parsial antara
variabel keandalan, bukti  langsung, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan
anggota yang diterima. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota KPRI
“Aneka Usaha” adalah variabel keandalan karena persentase pengaruhnya terhadap
kepuasan sebesar 27,2%

Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan
anggota

Published
2013-08-12
How to Cite
RAHARJO, D. (2013). PENGARUH KEANDALAN, BUKTI LANGSUNG, DAYA TANGGAP, JAMINAN, DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “ANEKA USAHA” PUSAT VETERINARIA FARMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 1564