PENGARUH KEANDALAN, BUKTI LANGSUNG, DAYA TANGGAP, JAMINAN, DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “ANEKA USAHA” PUSAT VETERINARIA FARMA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan Koperasi Pegawai Republik Indonesia
(KPRI) “Aneka Usaha” Pusat Veterinaria Farma dalam memenuhi kebutuhan anggota
melalui layanannya masih kurang dibandingkan dengan badan usaha lain. Barang-barang
yang disediakan oleh unit usaha pertokoan (Koperasi Mart Aneka Usaha) masih kurang
lengkap, kualitas beberapa barang yang kurang baik dan pelayanannya yang kurang
maksimal sebagian anggota koperasi tidak begitu tertarik untuk berbelanja dan
memanfaatkan koperasi. Satu-satunya cara yang dapat diperjuangkan koperasi adalah
meningkatkan mutu kualitas pelayanan/jasa. Penelitian ini diuji dengan menggunakan uji
regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah ada pengaruh parsial antara
variabel keandalan, bukti langsung, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan
anggota yang diterima. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan anggota KPRI
“Aneka Usaha” adalah variabel keandalan karena persentase pengaruhnya terhadap
kepuasan sebesar 27,2%
Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan
anggota
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 1564