PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

  • LUKMAN SUNADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan
pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya baik secara parsial
maupun secara simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif,
sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.  Populasi
dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
yang berjumlah 95 orang siswa dengan sampel 76 orang siswa. Teknik analisis data
yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis
yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada
pengaruh secara parsial antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dapat
dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,103077 lebih
besar dari ttabel  sebesar  1,99254. Sedangkan, pemanfaatan fasilitas belajar secara
parsial  tidak terpengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis
data yang menunjukkan nilai thitung  sebesar 0,571562 lebih kecil dari ttabel  sebesar
1,99254.  Secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar dan pemanfaatan
fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 3,974306 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,12.
 
Kata kunci : motivasi belajar, pemanfaatan fasilitas belajar dan prestasi belajar

Published
2013-08-12
How to Cite
SUNADI, L. (2013). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 794
PDF Downloads: 12937