PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X-6 SMA NEGERI 1 KRIAN
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
ekonomi melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pokok bahasan menjelaskan
konsep permintaan dan penawaran uang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
desain penelitian yang terdiri dari tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X-6 SMA Negeri 1 Krian yang berjumlah
33 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Hasil
penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat
meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas hasil belajar siswa. Salah satu kualitas proses
pembelajaran yang dimaksud adalah keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini
didasarkan pada hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Keaktifan siswa pada siklus I
sebesar 63,64 %, pada siklus II sebesar 81,82 %, pada siklus III sebesar 90,91%. Hasil belajar siswa
diperoleh dari posttest yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 70,97%, pada siklus II
sebesar 80,65%, dan pada siklus III sebesar 90,32%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran ekonomi.
Kata kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berdasarkan masalah
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 37