PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY TERHADAP  KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X-9 SEMESTER II SMA  MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • NURUL DWI RUSDIANA

Abstract

Hasil observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mengatakan bahwa murid kelas X-9 memiliki ketuntasan belajar individu yang sangat rendah. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa adalah genius learning strategy dengan menggunakan pendekatan kooperatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X-9 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis aktivitas guru, analisis tes belajar siswa, dan analisis hasil angket respon siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran genius learning dapat dimasukkan dalam kategori baik. Terbukti dari hasil analisis diperoleh prosentase skor sebesar 69,7% pada siklus ke-I dan meningkat pada siklus ke-II menjadi 78%. Hasil ketuntasan belajar siswa dapat dikatakan meningkat setelah diterapkan model genius learning. Hal ini terbukti dari hasil analisis data bahwa prosentase skor yang diperoleh pada siklus I sebesar 61% (22 siswa) yang mengalami ketuntasan dan siklus II sebesar 86% (31 siswa). Sedangkan hasil angket respon siswa menunjukkan pembelajaran yang telah diterapkan dapat menarik minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

Kata kunci : ketuntasan belajar, genius learning, pendekatan kooperatif.

Published
2013-08-27
How to Cite
DWI RUSDIANA, N. (2013). PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY TERHADAP  KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X-9 SEMESTER II SMA  MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 110