PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X-9 SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Hasil observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mengatakan bahwa murid kelas X-9 memiliki ketuntasan belajar individu yang sangat rendah. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa adalah genius learning strategy dengan menggunakan pendekatan kooperatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X-9 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis aktivitas guru, analisis tes belajar siswa, dan analisis hasil angket respon siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran genius learning dapat dimasukkan dalam kategori baik. Terbukti dari hasil analisis diperoleh prosentase skor sebesar 69,7% pada siklus ke-I dan meningkat pada siklus ke-II menjadi 78%. Hasil ketuntasan belajar siswa dapat dikatakan meningkat setelah diterapkan model genius learning. Hal ini terbukti dari hasil analisis data bahwa prosentase skor yang diperoleh pada siklus I sebesar 61% (22 siswa) yang mengalami ketuntasan dan siklus II sebesar 86% (31 siswa). Sedangkan hasil angket respon siswa menunjukkan pembelajaran yang telah diterapkan dapat menarik minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata kunci : ketuntasan belajar, genius learning, pendekatan kooperatif.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 110