PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDAPATAN NASIONAL MELALUI MPL DENGAN MEDIA ANIMASI DI SMAN 12 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X – 1 SMA Negeri 12 Surabaya pada materi Pendapatan Nasional, sebagai upaya peningkatan hasil belajar maka diterapkan media pembelajaran berbasis animasi data yang didapat dalam penelitian ini berasal dari studi kelayakan media oleh ahli media, ahli materi dan guru ekonomi, sedanagkan hasil belajar dapat diketahui dengan pre test dan pos test pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi valid dan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dengan skor kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, skor kelayakan oleh ahli materi 88,8%, skor kelayakan oleh guru ekonomi 96,6% akor tersebut telah melewati nilai interpretasinya yaitu ≥ 61%. Setelah diterapkan di kelas X – 1 SMA Negeri 12 Surabaya hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 74,59 %, siklus 2 sebesar 79,39%, siklus 3 sebesar 81,89%, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kata kunci : Model pembelajaran langsung, animasi, hasil belajar
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 320