PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDAPATAN NASIONAL MELALUI MPL DENGAN MEDIA ANIMASI DI SMAN 12 SURABAYA

  • NURI YULIANA

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X – 1 SMA Negeri 12 Surabaya pada materi Pendapatan Nasional, sebagai upaya peningkatan hasil belajar maka diterapkan media pembelajaran berbasis animasi data yang didapat dalam penelitian ini berasal dari studi kelayakan media oleh ahli media, ahli materi dan guru ekonomi, sedanagkan hasil belajar dapat diketahui dengan pre test dan pos test pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi valid dan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dengan skor kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, skor kelayakan oleh ahli materi 88,8%, skor kelayakan oleh guru ekonomi 96,6% akor tersebut telah melewati nilai interpretasinya yaitu ≥ 61%. Setelah diterapkan di kelas X – 1 SMA Negeri 12 Surabaya hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 74,59 %, siklus 2 sebesar 79,39%, siklus 3 sebesar 81,89%, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kata kunci : Model pembelajaran langsung, animasi, hasil belajar

Published
2013-09-19
How to Cite
YULIANA, N. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDAPATAN NASIONAL MELALUI MPL DENGAN MEDIA ANIMASI DI SMAN 12 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 320