PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOPERASI UNTUK MENGETAHUI  KETUNTASAN BELAJAR SISWA  KELAS XII AK 3 DI  SMK NEGERI 2 BLITAR

  • WAHYU DWINDA WASKITO

Abstract

Penggunaan metode mengajar yang dilakukan untuk memberikan materi pelajaran Akuntansi Koperasi
dengan memakai metode ceramah dan tanya jawab pada siswa kelas XII AK 3 SMK Negeri 2 Blitar belum
memberikan hasil yang memuaskan bagi peningkatan prestasi belajar siswa tersebut. Untuk menggantikan
metode yang sudah lama ada maka perlu digunakan metode baru yaitu metode diskusi pada mata pelajaran
Akuntansi Koperasi.
  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran  Akuntansi
Koperasi kelas XII AK 3 SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik
analisis yang digunakan ada analisis tes belajar siswa, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan,  penelitian  yang dilaksanakan dengan menggunakan
metode diskusi menunjukkan bahwa model pembelajaran ini belum bisa mencapai ketuntasan kelas yaitu nilai
minimal 80 sebanyak 85% dari jumlah siswi.  Akan tetapi hal tersebut belum cukup untuk dijadikan sebuah
keputusan bahwa metode diskusi tidak bisa meningkatkan  ketuntasan belajar siswi kelas XII AK 3 SMKN 2
pada mata pelajaran akuntansi koperasi.
 
Kata kunci : ketuntasan belajar, diskusi.

Published
2014-02-27
How to Cite
DWINDA WASKITO, W. (2014). PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOPERASI UNTUK MENGETAHUI  KETUNTASAN BELAJAR SISWA  KELAS XII AK 3 DI  SMK NEGERI 2 BLITAR. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 220