PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOPERASI UNTUK MENGETAHUI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS XII AK 3 DI SMK NEGERI 2 BLITAR
Abstract
Penggunaan metode mengajar yang dilakukan untuk memberikan materi pelajaran Akuntansi Koperasi
dengan memakai metode ceramah dan tanya jawab pada siswa kelas XII AK 3 SMK Negeri 2 Blitar belum
memberikan hasil yang memuaskan bagi peningkatan prestasi belajar siswa tersebut. Untuk menggantikan
metode yang sudah lama ada maka perlu digunakan metode baru yaitu metode diskusi pada mata pelajaran
Akuntansi Koperasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi
Koperasi kelas XII AK 3 SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik
analisis yang digunakan ada analisis tes belajar siswa, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan
metode diskusi menunjukkan bahwa model pembelajaran ini belum bisa mencapai ketuntasan kelas yaitu nilai
minimal 80 sebanyak 85% dari jumlah siswi. Akan tetapi hal tersebut belum cukup untuk dijadikan sebuah
keputusan bahwa metode diskusi tidak bisa meningkatkan ketuntasan belajar siswi kelas XII AK 3 SMKN 2
pada mata pelajaran akuntansi koperasi.
Kata kunci : ketuntasan belajar, diskusi.
Copyright
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
PDF Downloads: 220