PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI UANG PADA  KELAS X-5 SMA NEGERI 1 DANDER BOJONEGORO

  • ILHAM LATIF

Abstract

Mengenai kondisi pembelajaran yang terjadi di Kelas X-5 SMA Negeri 1 Dander berdasarkan informasi salah seorang guru ekonomi, bahwa pembelajaran masih menggunakan model konvensional. Dan disini peneliti mencoba melakukan penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran yang baru, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan menggunakan media VCD, dengan harapan dengan model ini mampu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan oleh guru.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi adanya peningkatan prestasi belajar dan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas dengan memenuhi KKM hanya sebesar 60%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi sebesar 86%. Dan telah mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah, yaitu sebesar 85 %. Begitupun pada aspek aktivitas siswa selama dua siklus mengalami peningkatan meskipun pada kriteria yang sama yaitu cukup baik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan presentase nilai pada siklus I sebesar 40% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 53%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dengan penggunaan media VCD cocok untuk diterapkan pada proses pembelajaran pada materi uang dalam ragka meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-5 SMAN 1 Dander Bojonegoro. Karena dengan adanya media VCD memungkinkan untuk membantu siswa dalam memahami setiap alur dalam materi tersebut secara jelas yang kemungkinan sangat sulit jika hanya dijelaskan melalui penjelasan verbal.

Kata Kunci: Metode Creative Problem Solving, Media Video Compact Disk , Prestasi Belajar.

ABSTRACT

 

Regarding the conditions of learning that takes place in the Class X-5 SMA Negeri 1 Dander by one of the masters of economic information, that learning is still using conventional models. And here the researchers tried to study the application of new learning models, namely by applying creative problem solving learning model using VCD media, with the hope with this model is able to improve students' motivation in participating in learning, thus improving student learning outcomes become more leverage in accordance with expected by the teacher.

The results showed that there was an increase in learning achievements and activities of students from the first cycle to the second cycle after using Creative Problem Solving model of learning with media Video Compact Disk . In the first cycle of students who otherwise completed to meet the KKM only by 60 % , then increased in the second cycle to be as much as 86 % . And have reached the prescribed classical completeness school , amounting to 85 % . Likewise on aspects of student activity during the two cycles has increased although the same criteria that is pretty good . This can be shown by the percentage of the value in the first cycle increased by 40 % in the second cycle to 53% , so it can be concluded that the model of learning with the use of Creative Problem Solving VCD media suitable to be applied to the process of learning the material ragka money in improving student achievement X - 5 class SMAN 1 Dander Bojonegoro . Due to the presence of VCD media allows to assist students in understanding each groove in the material clearly that the chances are very difficult if only explained through verbal explanation .

Keywords : Method of Creative Problem Solving , Video Compact Disk Media , Learning Achievement .

Published
2014-05-26
How to Cite
LATIF, I. (2014). PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI UANG PADA  KELAS X-5 SMA NEGERI 1 DANDER BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 274