MANFAAT KUALITAS LAYANAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN PARTISIPASI ANGGOTA DAN PERKEMBANGAN USAHA KOPERASI AS-SAKINAH SIDOARJO

  • EVIN NURYANTI

Abstract

Member participation  is a basic needs for cooperation business, unexcepted for As-Sakinah Sidoarjo Cooperation.  Member’s active participation realized if cooperation be able to give service which is needed by members. The Goals of this research are: 1) To describe the service quality of As-Sakinah Sidoarjo cooperation; 2) To describe the advantages of service quality to realized member participation; 3) To discribe  the advantages of service quality to realized business development. This research is descriptif qualitative reseacrh. The subject of this research  are board and As –Sakinah Sidoarjo cooperation members and also document as data sources. The data collected technique is by using participative observation, interview and documentation. While the data analisys technique is by using interactive analisys. To evaluate service quality of As-Sakinah Sidoarjo cooperation is used SERVQUAL . The result of the reasearch show that: 1) the service quality who given by cooperation are assessed in accordance with the expectations and needs of members ; 2) With the service quality who given by cooperation will create active members participation in equity, organization, and the utilization of business service; 3) with the service quality who given by cooperation will creat the business development of As-Sakinah cooperation, it is the development for saving and loans business and development for departement store business.

 

Keywords : Service Quality, Members Partisipation, Business Development

 

Partisipasi anggota merupakan kebutuhan dasar bagi usaha semua koperasi, termasuk koperasi As-Sakinah Sidoarjo. Partisipasi aktif anggota bisa terwujud apabila koperasi mampu memberikan layanan yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anggota. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kualitas layanan koperasi As-Sakinah Sidoarjo; 2) untuk mendeskripsikan manfaat kualitas layanan dalam mewujudkan partisipasi anggota; 3) untuk mendeskripsikan manfaat kualitas layanan dalam mewujudkan perkembangan usaha koperasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengurus dan anggota koperasi As-Sakinah Sidoarjo dan dokumen sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Untuk menilai kualitas layanan koperasi As-Sakinah Sidoarjo digunakan metode SERVQUAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas layanan yang diberikan koperasi dinilai sesuai dengan harapan dan kebutuuhan anggota; 2) manfaat kualitas layanan yang diberikan koperasi mewujudkan partisipasi aktif anggota dalam bidang permodalan, bidang organisasi dan bidang pemanfaatan jasa usaha; 3) manfaat kualitas layanan yang diberikan koperasi mewujudkan perkembangan usaha koperasi As-Sakinah, yaitu perkembangan pada unit usaha simpan pinjam dan perkembangan pada unit usaha pertokoan.

 

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Partisipasi anggota, Perkembangan Usaha

Published
2014-08-22
How to Cite
NURYANTI, E. (2014). MANFAAT KUALITAS LAYANAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN PARTISIPASI ANGGOTA DAN PERKEMBANGAN USAHA KOPERASI AS-SAKINAH SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 653