ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DI KOPERASI WANITA “SETIA BHAKTI WANITA” JAWA TIMUR

  • RATNA FITRI ASTUTI

Abstract

Women's cooperative“Setia Bhakti Wanita” East Java is already developing cooperative and not rely on Government assistance funds as capital. The capital used by the cooperative is the result of the management of private equity-owned cooperatives and also comes from the capital loan. This research aims to know the mnganalisis and how cooperative ability in paying off obligations owned by measuring the degree of liquidity of the cooperative. The research method used is descriptive analysis, where the analysis is used to describe a phenomenon with what it is. The results of research showed that the level of liquidity as measured by Current Ratio and Quick of Women's cooperative“Setia Bhakti Wanita” East Java during the 2008-2012 period is enough liquid because it is above 100%, but the condition has not been classified as safe and healthy as it has yet to reach the figure of 200%.

Keyword: Likuidity ratio, Current Ratio, Quick Ratio

 

Koperasi Wanita “Setia Bhakti Wanita” Jawa Timur merupakan koperasi yang sudah berkembang dan tidak bergantung pada dana bantuan pemerintah sebagai modal. Modal yang digunakan oleh koperasi merupakan hasil dari pengelolaan modal sendiri yang dimiliki koperasi dan juga berasal dari modal pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mnganalisis bagaimana kemampuan koperasi dalam melunasi kewajiban-kewajiban yang dimiliki dengan mengukur tingkat likuiditas dari koperasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif, dimana analisis ini digunakan untuk menggambarkan suatu fenomena dengan apa adanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat likuiditas yang diukur dengan Current Ratio dan Quick Ratio dari Koperasi Wanita “Setia Bhakti Wanita” Jawa Timur selama periode 2008-2012 sudah cukup likuid karena berada diatas 100%, namun kondisi tersebut belum tergolong aman dan sehat karena belum mencapai angka 200%.

Kata Kunci: Rasio likuiditas, Current Ratio, Quick Ratio

Published
2014-08-22
How to Cite
FITRI ASTUTI, R. (2014). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DI KOPERASI WANITA “SETIA BHAKTI WANITA” JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 293