KONTRIBUSI INDUSTRI KERAJINAN KULIT BAGI PENDAPATAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN MAGETAN

  • RIADILA VITA ERAWATI

Abstract

Magetan District is one of the region which develop region potential by exploit its natural resources. Product usage from this natural resources did in many ways such as exploit cow’s leather. Cow’s leather se as raw materials for production in leather craft industry. Leather craft industry is labor intensive industry which capable to absorb many labor. One of the leather craft industry located in Selosari Village Magetan District, in this village there are 36 business units which capable to absorb 223 labors. Before work in leather craft industry labour income are uncertain every week because they work as farmer, porter and etc. This research purposed to find out leather craft industry’s contribution for labour income in Magetan District. This research is descriptive research with qualitative approachment and using observation, interview, and documentation as methods. The finding shows that leather craft industry is micro industry which can contributed for labour income. After work in leather craft industry labors earn certain income every week.

Keywords: leather craft industry, labour income.

 

 

Kabupaten Magetan merupakan salah satu daerah yang mengembangkan potensi daerahnya dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya. Pemanfaatan hasil dari kekayaan alam ini dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan memanfaatkan kulit sapi. Kulit sapi digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk di industri kerajinan kulit. Industri kerajinan kulit merupakan industri padat karya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Salah satu industri kerajinan kulit terletak di Kelurahan Selosari Kabupaten Magetan, Di kelurahan ini terdapat 36 unit usaha yang mampu menyerap 223 orang tenaga kerja. Pendapatan masyarakat sebelum bekerja di industri kerajinan ini sebagian besar tidak menentu setiap minggunya karena banyak yang bekerja sebagai petani, kuli bangunan, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi industri kerajinan kulit bagi pendapatan tenaga kerja di Kabupaten Magetan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah industri kerajinan kulit merupakan industri berskala kecil yang dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan tenaga kerja. Setelah bekerja di industri kerajinan kulit pekerja mendapatkan pendapatan tetap setiap minggunya.

Kata kunci : industri kerajinan kulit, pendapatan tenaga kerja

Published
2014-08-22
How to Cite
VITA ERAWATI, R. (2014). KONTRIBUSI INDUSTRI KERAJINAN KULIT BAGI PENDAPATAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN MAGETAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 313
PDF Downloads: 817