OPTIMALISASI PERAN KOPERASI SEBAGAI WADAH USAHA BERSAMA MENGENTASKAN KEMISKINAN

  • EKA INDAH NURLAILI

Abstract

Poverty is a national program to encourage the Indonesian government, but until now still not yet fully resolved. East Java as part of the Indonesian government which is a reflection of the state of the Indonesian economy still has a poverty rate that is high enough. Therefore in this study aims to develop a strategy that we can do with the container cooperatives and cooperative role in the joint effort to alleviate poverty. This study uses content analysis technique theme (Thematic Analysis Contein) with the results of research that states that the role of cooperatives as a forum to alleviate poverty is necessary for optimalisasikan. Because poverty rates are decreasing but in fact turned out to rural poverty line continues to increase. The role of cooperatives that provide many economic benefits to its members will be able to liberate its members to escape from the poverty trap. This will be marked by rising incomes and rising purchasing power of members members in the consumption of goods. By creating their own cooperative bank financing to cooperative processes and people's bottom will be controlled and directed increasingly to focus on alleviating poverty.

Keywords: Cooperative, Poverty, Joint, Eradicate.

 

Kemiskinan merupakan program nasional yang terus digalakkan pemerintah Indonesia, akan tetapi sampai saat ini masih belum teratasi sepenuhnya. Jawa Timur sebagai bagian pemerintah Indonesia yang merupakan cerminan keadaan perekonomian Indonesia masih memiliki angka kemiskinan yang cukup tinggi. Untuk itu pada penelitian ini bertujuan menyusun strategi yang dapat kita lakukan dengan wadah koperasi serta peran koperasi dalam usaha bersama mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi tema (Thematic Contein Analysis) dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa peran koperasi sebagai wadah untuk mengentaskan kemiskinan sangatlah perlu untuk di optimalisasikan. Karena angka kemiskinan memang mengalami penurunan akan tetapi pada kenyataannya garis kemiskinan di desa ternyata terus meningkat. Peran koperasi yang memberikan banyak keuntungan ekonomi bagi anggotanya akan dapat membebaskan anggotanya untuk terlepas dari jerat kemiskinan. Hal ini akan ditandai dengan meningkatnya pendapatan anggota dan naiknya daya beli anggota dalam mengonsumsi barang. Dengan menciptakan Bank koperasi sendiri proses pembiayaan ke koperasi dan rakyat terbawah akan semakin dapat terkontrol dan terarah untuk fokus mengentaskan kemiskinan.

Kata Kunci: Koperasi, Kemiskinan, Bersama, Mengentaskan

Published
2014-08-24
How to Cite
INDAH NURLAILI, E. (2014). OPTIMALISASI PERAN KOPERASI SEBAGAI WADAH USAHA BERSAMA MENGENTASKAN KEMISKINAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 627