PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MORALITAS ANAK DI DESA LAWANGANAGUNG KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Moralitas Anak

Penulis

  • Arlis Noviantika Dwimita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p586-600

Kata Kunci:

tingkat pendidikan, pola asuh, moralitas anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua tehadap moralitas anak di Desa Lawangangung Kecamatan Sugio. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket (kuesioner). Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling . Jumlah sampel yang diteliti sebesar 30 orang tua kandung yang memiliki anak usia 13-17 tahun. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik regresi linier berganda melalui pengujian parsial (uji t) dan pengujian koefisien determinan (rsquare) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 menggunakan bantuan SPSS 25 for windows.Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini tingkat pendidikan (X1), pola asuh (X2), dan moralitas anak (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh terhadap moralitas anak, ditunjukan dari hasil uji t hitung sebesar 2,347 dengan signifikan 0,027. Berdasarkan penelitian tingkat pendidikan orang tua yang baik, disiplin serta bijaksana akan menghasilkan pola asuh yang lebih baik. Ini terdorong oleh adanya suatu kebutuhan akan dorongan dan upaya untuk meningkatkan kualitas pola asuh terhadap moralitas anak agar terjadi satu keutuhan serta keharmonisan, sehingga proses dan hasil pendidikan dapat maksimal.Pengaruh positif bahwa jika tingkat pendidikan orang tua semakin baik dalam mendidik maka semakin baik pula hasil pola asuh terhadap moralitas anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah. (2003). Pendidikan Keluarga Bagi Anak. Cirebon : lektur.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi moralitas remaja awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Ali, M., dan Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Anisah, A. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Clemes, Harris. (2001). Mengajarkan Disiplin Kepada Anak. Jakarta. Mitra Utama.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, 4 Edition. London: Sage.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, N. F. D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moralitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).

E. Sumaryono, (1995), Etika Profesi Hukum, Yogyakarta: Kanisius.

Edwards, C. Drew. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Bagi Para Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Elizabeh B. Hurlock, (1993) Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, jilid 2, h. 74

Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39-61.

Fitriani, L. (2015). Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera, 17(1).

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivarians dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Jamie C. Miller. (2003). Mengasah Kecerdasan Moralitas Anak. Bandung: KAFIA

Langgulung, Hasan, (1986) Manusia dan Pendidikan. Jakarta : Al-Husna.

Latief, A., Ahmad Al Yakin, S. A., & Ahmad, H. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Machmud, H. (2014). Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 75-84.

Mansur, (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nisa, K., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 55-63.

Nursalim, Moch. dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press

Nurul Zuriah, (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2007). Adminitrasi dan supervisi pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143-146.

Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11-27.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tridhonanto, Al, Beranda Agency. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta:Sinar Grafika.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.

Wahyudi, D., & Arsana, I. M. (2014). Peran Keluarga dalam Membina Sopan Santun Anak di Desa Galis

Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(2), 290-304.

Yanizon, A. (2013). Peranan Orang Tua dalam Moral anak. Jurnal Dimensi, 2(1).

Diterbitkan

2023-04-18

Cara Mengutip

Dwimita, A. N. (2023). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MORALITAS ANAK DI DESA LAWANGANAGUNG KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN: Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Moralitas Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 586–600. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p586-600
Abstract views: 415 , PDF Downloads: 870