STUDI DESKRIPTIF : KOMUNIKASI GURU PADA SISWA MULTIPLE DISABILITY VISUAL IMPAIRMENT (MDVI)-SPEKTRUM AUTIS

  • Rica Ayu Safitri Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Siswa Multiple Disability Visual Impairment (MDVI)-Spektrum Autis sebagai salah satu bagian dari disabilitas majemuk tunanetra. Memiliki hambatan pada indera penglihatan disertai hambatan spektrum autis menyebabkan siswa mengalami gangguan komunikasi baik verbal maupun non verbal. Komunikasi siswa MDVI–Spektrum Autis sangat beragam. Guru kelas MDVI SLB A YPAB Surabaya memerlukan cara tersendiri untuk berkomunikasi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi guru pada siswa MDVI–Spektrum Autis di kelas dalam mencaritahu keinginan siswa, mengajak siswa dan memberikan perintah pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi pada guru kelas MDVI. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa guru menggunakan komunikasi interpersonal secara verbal dan non verbal untuk berkomunikasi dengan siswa MDVI–Spektrum Autis di kelasnya. Guru menggunakan komunikasi verbal jenis vokalisasi yang mengungkapkan suara dalam bentuk apapun. Hal tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa dalam mengungkapkan keinginannya dan memberikan ajakan kepada siswa. Sedangkan dalam memberikan perintah kepada siswa, guru menggunakan komunikasi verbal jenis vokalisasi dan komunikasi non verbal jenis objek benda yang dapat dijadikan lambang dalam rangka menyampaikan sesuai yang dipikirkan oleh siswa MDVI–Spektrum Autis. Guru juga menggunakan musik sebagai media komunikasinya sebagai sarana mengekspresikan diri siswa.

Author Biographies

Rica Ayu Safitri, Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Sri Joeda Andajani, Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-21
Abstract Views: 333