APLIKASI MARBEL WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS HURUF BAGI ANAK TUNAGRAHITA

  • Elsa Zanuba Arifah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita memiliki hambatan dalam menulis huruf permulaan, hal tersebut terjadi karena rendahnya motorik dan daya ingat yang dimiliki anak tunagrahita. Marbel writingmerupakan aplikasi multimedia berbasis game edukasi yang dapat mengembangkan kemampuan belajar pada anak tunagrahita dalam ketrampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi marbel writing dalam pembelajaran menulis huruf pada anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dengan sumber buku, jurnal nasional, jurnal internasional yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa belajar menulis menggunakan aplikasi marbel writing sangat mudah dipahami dan mudah menarik perhatian anak. Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi marbelwriting dapat digunakan dalam proses pembelajaran menulis huruf pada anak tunagrahita.

Author Biographies

Elsa Zanuba Arifah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wiwik Widajati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-21
Abstract View: 73