PENERAPAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRA

  • Noviana Lathifa Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan fakta bahwa dibutuhkan sebuah metode berkompeten untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa tunanetra. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode audio-lingual dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris pada siswa tunanetra. Penelitian menggunakan metode studi lliteratur dengan mengambil data dari platform digital Google Schoolaryang berisi jurnal terakreditasi, prosiding, dan tesis. Data yang didapatkan selanjutnya dibandingkan dan ditelaah sehingga mendapatkan pendapat dari berbagai ahli sebagai pembahasan penelitian. Kemudian data disimpulkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai tujuan penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur metode audio-lingual terdiri atas: (1) penyajian dialog yang diperdengarkan secara berulang ulang; (2) menirukan dan menghafal dialog; (3) penyajian dialog yang dianggap sulit oleh siswa dengan kegiatan pengulangan; (4) kegiatan memperagakan dialog di depan kelas; (5) pembentukkan kalimat lain sesuai dengan pola kalimat yang telah dilatihkan. Sedangkan teknik yang digunakan dalam metode audio-lingual berupa: repetition drill, inflection drill, replacement drill, completion drill, backward build-up (exspansion drill), Single slot substation drill, Chain drill.

Author Biographies

Noviana Lathifa, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pamuji Pamuji, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-21
Abstract Views: 150