PERAN GURU UNTUK PELAYANAN PENDIDIKAN SEKS REMAJA TUNAGRAHITA

  • Raiska Rahim Yuniar Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pelayanan pendidikan seks dipandang sebagai salah satu kebutuhan yang perlu diberikan kepada remaja, terlebih saat memasuki usia pubertas, tanpa terkecuali remaja tunagrahita. Pemberian layanan pendidikan seks pada remaja tunagrahita penting untuk menghindarkan remaja tunagrahita dari pelecehan dan perilaku seksual yang menyimpang. Guru berperan penting dalam pelayanan pendidikan seks tunagrahita karena memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk pelayanan pendidikan seks remaja tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran guru dan bentuk layanan pendidikan seks yang diberikan pada remaja tunagrahita. Metode yang digunakan kajian literatur yang diperoleh dari 10 jurnal dengan fokus bahasan tentang materi pelayanan pendidikan seks meliputi mengenal bagian tubuh laki-laki dan perempuan, menjaga kesehatan alat reproduksi, mengenal batasan pertemanan dan cara mengekspresikan rasa suka pada lawan jenis dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil analisis kajian literatur menunjukkan empat hal utama yang perlu guru perhatikan dalam melakukan pelayanan pendidikan seks remaja tunagrahita yaitu penggunaan media, pemilihan topik materi, peran yang guru kaitkan selama pelayanan pendidikan seks, dan kendala yang dihadapi dalam pelayanan pendidikan seks. Artinya bahwa guru memiliki peran yang beragam dalam pelayanan pendidikan seks diantaranya sebagai informator, organisator, motivator, inisiator, dan fasilitator. Bentuk pelayanan pendidikan seks beragam, mengintegrasikan melalui mata pelajaran agama, pramuka, program bina diri dan kelas tambahan.

Author Biographies

Raiska Rahim Yuniar, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Sri Joeda Andajani, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-21
Abstract Views: 99