PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN VOKASIONAL ANAK TUNAGRAHITA

  • Rahadina Citra Prawita Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita. Metode yang dipakai pada artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan cara mengkaji berbagai penelitian yang relevan melalui pencarian artikel jurnal penelitian. Artikel yang digunakan merupakan nasional maupun internasional yang didapatkan dari Google Schoolar, Atlantis Press, E-JUPEkhu, dan Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Pengumpulan jurnal dipilih berdasarkan ketentuan artikel yang terbit pada tahun 2012-2022 dan referensi berkaitan dengan project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita. Berdasarkan hasil analisis studi kepustakaan menujukan: 1) hasil project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita, 2) peran guru dalam memodifikasi project based learning untuk diterapkan pada anak tunagrahita dalam pengembangan vokasional, dan 3) kelebihan serta kekurangan penggunaan project based learning jika diterapkan pada anak tunagrahita untuk pengembangan keterampilan vokasional. Artinya bahwa Project based learning berpotensi mengembangkan keterampilan vokasional dari kemampuan awal siswa hingga menuju kemandirian anak tunagrahita.

Author Biographies

Rahadina Citra Prawita, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita. Metode yang dipakai pada artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan cara mengkaji berbagai penelitian yang relevan melalui pencarian artikel jurnal penelitian. Artikel yang digunakan merupakan nasional maupun internasional yang didapatkan dari Google Schoolar, Atlantis Press, E-JUPEkhu, dan Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Pengumpulan jurnal dipilih berdasarkan ketentuan artikel yang terbit pada tahun 2012-2022 dan referensi berkaitan dengan project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita. Berdasarkan hasil analisis studi kepustakaan menujukan: 1) hasil project based learning untuk pengembangan keterampilan vokasional anak tunagrahita, 2) peran guru dalam memodifikasi project based learning untuk diterapkan pada anak tunagrahita dalam pengembangan vokasional, dan 3) kelebihan serta kekurangan penggunaan project based learning jika diterapkan pada anak tunagrahita untuk pengembangan keterampilan vokasional. Artinya bahwa Project based learning berpotensi mengembangkan keterampilan vokasional dari kemampuan awal siswa hingga menuju kemandirian anak tunagrahita.

Sujarwanto Sujarwanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-21
Abstract Views: 281