PENGGUNAAN METODE MODELING UNTUK MENGENALKAN REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP PEMBELAJARAN OMSK PADA SISWI TUNANETRA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan pengelihatan yang dimiliki siswi tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya sehingga mengalami kesulitan dalam penggunaan pembalut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan metodemodeling terhadap kemampuan menggunakan pembalut dalam pembelajaran OMSK pada siswi tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre test-post test design jenisPre Experiment. Banyaknya subjek penelitian berjumlah 6 siswi tunanetra. Rata-rata hasilpre-test 39,775 serta rata-rata hasil post-test 75,99 dengan pemberian intervensi sebanyak 6 kali. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus wilcoxon match pair test. Simpulan hasil penelitian Ho ditolak serta Ha diterima, Zh = 2,2017 ≥ Zt = 1,96 dengan nilai kritis α = 5%, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metodemodeling untuk mengenalkan reproduksi manusia terhadap pembelajaran OMSK pada siswi tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya.