PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAH PECAHAN BAGI SISWA TUNANETRA di SDLB-A YPAB SURABAYA

  • Sari Purwaningsih Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Hambatan penglihatan yang dimiliki oleh siswa tunanetra menyebabkan mereka sulit untuk menyelesaikan persoalan matematika, termasuk menjumlah pecahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan menjumlah pecahan pada siswa tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test-post test design untuk memperoleh data kemampuan menjumlah pecahan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasilpre-test dan post-test akan dianalisis menggunakan statistik non parametrik dengan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil pre-test adalah 36,10 dan hasil post-test adalah 79,85. Sehingga diperoleh Zh = 2,20 lebih besar dibanding Zt = 1,96 dengan nilai krisis 5% yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan menjumlah pecahan pada siswa tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya.

Author Biographies

Sari Purwaningsih, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Sri Joeda Andajani, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-27
Abstract View: 36