KAJIAN ANALITIS METODE DRILL UNTUK KETERAMPILAN BINA DIRI MEMAKAI PAKAIAN BERKANCING BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG

  • Dinda Puspa Amalia Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tunagrahita sedang memiliki hambatan intelektual yang berdampak pada keterampilan bina diri memakai pakaian berkancing. Menyebabkan anak tunagrahita sedang masih bergantung dan memerlukan bantuan orang lain. Tujuan kajian analitis mendeskripsikan metode drill untuk keterampilan bina diri memakai pakaian berkancing bagi anak tunagrahita sedang. Kajian analitis menggunakan metode literature review. Sumber data diperoleh melalui analisis dan pengkajian jurnal nasional dan internasional yang terindeks, serta buku dan e-book sebagai pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data diperoleh dari mengkaji literatur yang disusun sebagai acuan analisis variabel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill membantu penyampaian materi pembelajaran, dengan cara latihan berulang-ulang dimulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Selanjutnya dapat menunjang tunagrahita melakukan keterampilan bina diri memakai pakaian berkancing dari membuka baju, memasukkan lengan kanan ke dalam baju, memasukkan lengan kiri ke dalam baju, mengancingkan baju, dan merapikan baju. Simpulan penelitian ini bahwa metode drill untuk keterampilan bina diri memakai pakaian berkancing dapat dilakukan secara berurutan bagi anak tunagrahita sedang.

Author Biographies

Dinda Puspa Amalia, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Masitoh, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-28
Abstract Views: 225