KAJIAN ANALITIS VIDEO ANIMASI TENTANG ANGGOTA TUBUH MANUSIA UNTUK VISUAL MEMORY ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Salsadilla Ruth Anggraeni Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita memiliki daya ingat lemah, kebutuhan media salah satunya video animasi tentang anggota tubuh manusia mampu memperkuat visualisasi. Tujuan kajian ini mendeskripsikan video animasi tentang anggota tubuh manusia untuk visual memory anak tunagrahita ringan.Metode yang digunakan adalah literature review dengan sumber data 9 artikel dari jurnal terakreditasi SINTA, diakses melaluigoogle scholar, doaj, science direct. Teknik analisis data diperoleh dari kajian literatur yang disusun sebagai acuan variable dalam indikator penelitian. Hasil kajian analitis menunjukan bahwa video animasi menyederhanakan penyampaian pembelajaran dimulai dari mengenal anggota tubuh bagian atas meliputi mata, telinga, hidung, mulut, pipi. Setelah itu anggota tubuh bagian bawah meliputi tangan, jari, pinggang, lutut, kaki. Pembelajaran dengan media video animasi mampu menunjang penyampaian pembelajaran mengenal anggota tubuh manusia sesuai fungsi dan bentuknya. Simpulan penelitian ini bahwa pembelajaran anggota tubuh manusia dengan video animasi baik untuk visual memory tunagrahita ringan. Demikian penggunaan video animasi anggota tubuh manusia, anak tunagrahita ringan mampu membedakan anggota tubuh manusia serta fungsi anggota tubuh manusia.

Author Biographies

Salsadilla Ruth Anggraeni, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-28
Abstract View: 19