PENGEMBANGAN KAMUS BERGAMBAR BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNARUNGU
Abstract
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa tingkat SMA/SMK sederajat termasuk pada sekolah khusus siswa tunarungu yang memiliki kendala dalam pembelajaran bahasa. Pengembangan kamus bergambar berbasis android dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dilakukan untuk menghasilkan media dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan kamus bergambar berbasis android dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu dengan dilakukan beberapa modifikasi pada kamus yang disesuaikan dengan karakteristik belajar visual siswa tunarungu. Metode penelitian pengembangan model 4D digunakan, namun yang diterapkan hanya 3 tahapan, meliputi define, design dan develop. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket validasi dari ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan diolah melalui rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data dari validasi ahli materi diperoleh sebesar 74,67%, dan hasil validasi ahli media diperoleh sebesar 76%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli tersebut dapat diinterpretasikan bahwa pegembangan kamus bergambar berbasis android dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris “layak” untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu.
