PENERAPAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT SALAD BUAH PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS XI DI SMALB NEGERI SEDURI MOJOSARI

  • Ariska Malinda Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran langsung dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat salad buah pada peserta didik tunarungu kelas XI di SMALB Negeri Seduri Mojosari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experimental design dengan membandingkan hasil perolehan nilai pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dalam metode penelitian ini adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Wilxocon match pairs test dengan subjek berjumlah 6 peserta didik tunarungu kelas XI SMALB Negeri Seduri Mojosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest 71,06 kemudian dilakukan treatment. Setelah itu diberikan posttest dengan perolehan nilai 95,2. Berdasarkan uji statistik hasil pretest posttest, Zhitung = 2,19 dan Ztabel = 1,96. Menunjukkan bahwa diperoleh Zhitung = 2,19 yang lebih besar dari Ztabel = 1,96. Artinya Zhitung lebih besar dari Ztabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Uji statistik menunjukkan signifikan bahwa penerapan pembelajaran langsung cara paling efektif untuk mengajarkan keterampilan, selain itu guru dapat mendemonstrasikan serta mengevaluasi terus menerus sehingga dapat meningkatkan keterampilan vokasional membuat salad buah pada peserta didik tunarungu kelas XI SMALB Negeri Seduri Mojosari.

Author Biographies

Ariska Malinda, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

Wagino Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)

Published
2022-06-28
Abstract View: 35