KAJIAN METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU

  • Khairina Aqilah Rilend Putri Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunarungu memiliki hambatan dalam pendengaran yang mengakibatkan permasalahan pada kemampuan berbahasa reseptif, sehingga perlu ditunjang dengan Metode Maternal Reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Metode Maternal Reflektif dalam keterampilan berbahasa anak tunarungu. Metode penelitian ini menggunakan literature review yang menganalisis 12 artikel sebagai data dari penelitian yang relevan mengenai Metode Maternal Reflektif dalam keterampilan berbahasa anak tunarungu. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi hasil dari artikel yang sesuai untuk dijadikan sebagai acuan penelitian. Hasil analisis literature review menunjukkan bahwa Metode Maternal Reflektif memvisualisasikan kata dengan cara menuliskan kata di papan tulis dan dilakukan tanya jawab secara berulang-ulang sebagai penguatan kemampuan berbahasa anak tunarungu. Pengarusutamaan pembenaran gerak bibir sesuai dengan kata yang dicontohkan, sehingga anak dapat mengucapkan kembali kata dengan tepat dan dapat menuliskan kata secara mandiri. Simpulan penelitian ini bahwa Metode Maternal Reflektif dengan memvisualisasikan kata membantu anak tunarungu mengucapkan kata dengan gerak bibir dan penulisan kata dengan tepat.

Author Biographies

Khairina Aqilah Rilend Putri, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-28
Abstract View: 44