PENGGUNAAN METODE OUTDOOR PLAY UNTUK KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISM SPEKTRUM DISORDER (ASD)

  • Lola Ary Sakkung Pendididkan Luar Biasa, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyanto Budiyanto Pendididkan Luar Biasa, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak autism spektrum disorder memiliki hambatan dalam interaksi sosial, sehingga metode outdoor playsebagai salah satu solusi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode outdoor play untuk kemampuan interaksi sosial anak autism spektrum disorder. Metode literatur review dengan sumber data yang diperoleh dari Google Schoolar, Science Direct, Jurnal Lanskap Indonesia, elsevier, Journal of Special Education, Emerald Insight, sci-hub, dan one searhc untuk penelitian. Data tersebut diperoleh melalui tahapan identifikasi masalah, penelusuran, pemilihan, analisis dan penyusunan artikel, serta digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis perolehan data menunjukkan penggunaan metode outdoor play melalui tahapan survei keamanan lingkungan, eksplorasi lingkungan bagi anak, menyiapkan media bermain ayunan, kotak pasir, sepak bola, bola basket, dan gasing, dan pendampingan dalam proses bermain. Simpulan dalam pengkajian penelitian ini bahwa, metode outdoor play dengan menggunakan eksplorasi lingkungan dan didukung berbagai media berpotensi dalam kemampuan interaksi sosial bagi anak autism spektrum disorder.

Author Biographies

Lola Ary Sakkung, Pendididkan Luar Biasa, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendididkan Luar Biasa, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Budiyanto Budiyanto, Pendididkan Luar Biasa, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendididkan Luar Biasa, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-06
Abstract View: 33