MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK BELAJAR SISWA TUNARUNGU

  • Dwi Nurcahya Ningrum Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk belajar anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi literatur dengan telaah kepustakaan dari buku, jurnal nasional, jurnal internasional yang berkaitan dengan penelitian. Literatur dengan sumber data 14 artikel dari jurnal SINTA, dan chapter buku diakses melalui google scholar, science direct, dan TRID sebagai pengumpulan data dalam penelitian. Teknik analisis data diperoleh dari kajian literatur yang disusun sebagai acuan analisis dalam indikator penelitian. Hasil analisis data diperoleh model kooperatif yang menggunakan Think Pair Share (TPS) dengan membentuk kelompok secara berpasangan untuk pembelajaran mengenal kalimat sederhana dalam scramble. Satu pasang siswa bertugas mencari subjek pada kalimat yang di acak, kemudian satu siswa menyusun kalimat sesuai pola struktur kalimat yang benar dan di diskusikan kembali bersama pasangan. Simpulan ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe scramble membentuk kelompok berpasangan untuk belajar mengenal kalimat sederhana bagi anak tunarungu.

Author Biographies

Dwi Nurcahya Ningrum, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Purbaningrum, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-07
Abstract View: 32