MODEL PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics,) UNTUK AUDBK (Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus) DI TK INKLUSIF PELANGIKU JOMBANG.

  • Tsabita Himma Syafiulia Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Joeda Andajani Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus di Tk Inklusif Pelangiku Jombang. Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi di dukung dengan dokumentasi serta wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STEAM menstimulasi aspek perkembangan kognitif, sosial emosional, dan fisik motorik anak usia dini berkebutuhan khusus bersama anak reguler sebagai kelas heterogen. Disamping itu, Dalam pelaksanaannya model pembelajaran STEAM dikolaborasikan dengan pendekatan riset,proyek dan bermain. Demikian pula Dukungan media pembelajaran serta pendampingan guru berperan penting dalam pelaksanaan model pembelajaran STEAM. Simpulan penelitian ini bahwa, realisasi model pembelajaran STEAM di TK Inklusif pelangiku adalah menjadikan anak usia dini berkebutuhan khusus lebih kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif selama pembelajaran berlangsung.

Author Biographies

Tsabita Himma Syafiulia, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Sri Joeda Andajani, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-07
Abstract View: 61