STUDI LITERATUR METODE BERMAIN UNTUK KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNAGRAHITA

  • Fajriati Amalia Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliyati Yuliyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Siswa tunagrahita memiliki hambatan dalam intelektual, sehingga metode bermain sebagai salah satu untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermain untuk kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Metode penelitianliteratur review dengan sumber data yang diperoleh dari Google Scholar, garuda ristekdikti, SINTA, dan Elsevier untuk pengumpulan data. Data yang diperoleh melalui tahapan identifikasi masalah, penelusuran, pemilihan, analisis dan penyusunan artikel. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode bermain melalui tahapan memilih media untuk mengenalkan angka yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak, menyiapkan media untuk bermain mengenal angka, proses pembelajaran pendampingan guru untuk bermain mengenal angka dan bentuk penilaian autentik. Simpulan dalam penelitian ini bahwa, metode bermain dengan media kartu angka, dadu, dan karet gelang berpotensi untuk membelajarkan berhitung mengenal angka, membilang dan mengurutkan angka bagi siswa tunagrahita.

Author Biographies

Fajriati Amalia, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Yuliyati Yuliyati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-07
Abstract View: 57