PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERSUBTITLE UNTUK PEMAHAMAN MAKNA KATA PADA ANAK TUNARUNGU

  • Rifcha Annisa Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliyati Yuliyati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunarungu memiliki hambatan dalam memahami makna kata, sehingga diperlukan media visual berupa video animasi bersubtitle. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan pengembangan media video animasi bersubtitle untuk pemahaman makna kata pada anak tunarungu. Metode penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang hanya diterapkan dalam 4 tahap, yaitu analysis, design, development, dan implementation. Pengumpulan data menggunakan angket hasil uji validasi ahli materi, ahli media, dan uji pengguna dari tanggapan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan rumus skala likert dan dikonversi dalam bentuk persentase. Hasil validasi ahli materi memperoleh 71,8%, validasi ahli media memperoleh 82,1%, dan hasil tanggapan peserta didik memperoleh 87,1%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media video animasi bersubtitle untuk pemahaman makna kata pada anak tunarungu layak digunakan.

Author Biographies

Rifcha Annisa, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Yuliyati Yuliyati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-12
Abstract Views: 121