PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA EKSPRESIF BAGI SISWA AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF
Abstract
Siswa autis menunjukkan kesulitan berkomunikasi verbal sehingga penggunaan media audio visual mampu menstimulasi dalam proses pembelajaran bahasa ekspresif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan video pembelajaran bahasa ekspresif kemampuan berbicara yang digunakan untuk siswa autis di Sekolah Dasar Inklusi. Metode penelitian R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE, namun dalam penelitian ini menggunakan 3 tahapan Analysis, Design, Development, dikarenakan kondisi pandemi covid-19. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kepada ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus presentase. Hasil uji validasi ahli diperoleh dengan skor presentase sebesar 85 untuk validasi materi dan 80 untuk validasi media. Simpulan penelitian diperoleh bahwa produk pengembangan video pembelajaran bahasa ekspresif layak digunakan untuk siswa autis di sekolah dasar inklusi.
Downloads
Published
Issue
Section
