PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP PENAMBAHAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU DI SDLB B KARYA MULIA 1 SURABAYA

  • Sulastri Sulasikin S Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode story telling terhadap penambahan perbendaharaan kosakata siswa tunarungu di SDLB B Karya Mulia 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre experimental one group pre test – post test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan tehnik analisis data dihitung menggunakan uji Wilcoxon Match Pair Test, serta dianalisis secara statistik nonparametric. Hasil penelitian didapatkan nilai Zhitung 2,52 lebih besar dari Ztabel 1,96 dengan nilai kritis 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diinterpretasikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode story telling terhadap penambahan perbendaharaan kosakata siswa tunarungu di SDLB B Karya Mulia 1 Surabaya.

Author Biographies

Sulastri Sulasikin S, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wagino Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-14
Abstract Views: 46