AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU

  • Annisa Muslinawati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megkaji Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam perkembangan bahasa anak tunarungu. Metode penelitian ini menggunakan literature review dengan telaah kepustakaan dari buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini diakses melalui Google Scholar, Elsevier, dan Harzing’s Publish or Perish yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengevaluasi dan menginterpretasi hasil dari artikel yang sesuai untuk dijadikan sebagai acuan penelitian. Hasil analisis literature review menunjukkan bahwa Auditory Verbal Therapy (AVT) yang menggunakan teknologi pendengaran ABD digital dan implan koklea sebagai penguatan untuk kemampuan berbicara anak tunarungu. Dalam keberhasilan pelaksanaan AVT dukungan orangtua dibutuhkan dalam penguatan potensi yang dimiliki anak dalam hal berbicara. Simpulan ini menunjukkan bahwa Auditory Verbal Therapy (AVT) dengan penggunaan teknologi pendengaran ABD digital dan implan koklea dapat membelajarkan berbicara anak tunarungu.

Author Biographies

Annisa Muslinawati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Sujarwanto Sujarwanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-14
Abstract View: 53