MEDIA INTERAKTIF AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA TUNA GRAHITA RINGAN

  • Riska Nurainina Wijaya Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyanto Budiyanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita memiliki hambatan intelektual yang mengakibatkan anak kesulitan dalam membaca. Kebutuhan media salah satunya audio visual mampu membantu anak tunagrahita belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media interaktif audio visual dalam pembelajaran membaca siswa tunagrahita ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan sumber data 15 artikel dari jurnal terakreditasi SINTA, diakses melalui google scholar, science direct, Academia.Edu. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian literature review menunjukkan bahwa media interaktif audio visual dikemas dalam video pembelajaran yang disajikan melalui presentasi gambar, teks dan suara penuntun terjadi timbal balik yang isinya meliputi pengenalan abjad, kosa kata dan kalimat sederhana.Simpulan kajian tersebut menunjukkan pembelajaran membaca untuk siswa tuna grahita ringan dengan menggunakan media interaktif audio vusal berbentuk vidio dapat membantu membelajarkan membaca bagi tuna grahita ringan.

Author Biographies

Riska Nurainina Wijaya, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Budiyanto Budiyanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract View: 31