TERAPI TOKEN EKONOMI DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER

  • Arifa Citra Sumarto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyanto Budiyanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terapi token ekonomi dalam meminimalisir perilaku agresif pada anak ASD dan penerapan token ekonomi. Metode penelitian yang digunakan literatur riview dengan mengumpulkan 10 artikel dari jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan mengakses database melalui, Academia.edu, Garuda, Science Direct, Crossref Metadata, maupun Google Scholar. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan ketika anak memunculkan perilaku agresif berupa memukul, mecubit, tangan anak akan digenggam dan diberikan pemahaman bahwa perilaku tersebut tidak boleh di lakukan, token berupa stiker akan diberikan kepada anak jika tidak menunjukkan perilaku agresif selama waktu yang di tentukan. Token tersebut di kumpulkan sesuai dengan tujuan pencapaian minimalisir perilaku agresif yang telah tergantikan dengan reward yang disukai anak ASD. Simpulan kajian ini terapi token ekonomi dapat meminimalisir perilaku agresif pada anak ASD mengalami penurunan, ditunjukkan dari beberapa penelitian yang sudah diterapkan bahwa terapi token ekonomi dapat meminimalisir perilaku agresif pada anak ASD.

Author Biographies

Arifa Citra Sumarto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Budiyanto Budiyanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract View: 29