KAJIAN TENTANG METODE VAKT (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK DAN TAKTIL) UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Alfira Nur Annisyah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji metode VAKT untuk kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Metode penelitian ini menggunakan literatur review dengan sumber data yang diperoleh dari Google Scholar, ICSE, ACPCH dan Sinta yang telah terakreditasi sebagai pengumpulan data. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik diskriptif kualitatif berupa kesamaan hasil, metode, dan intervensi yang digunakan dalam artikel terkait sesuai topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan metode VAKT melalui tahapan mempelajari kata dengan melihat (visual) mengucapkan secara keras kata yang dipelajari (auditory), menelusuri susunan kata yang telah dipelajari sebelumnya dengan dipadukan tanda baca (khinesthetic), meraba pada setiap kata yang dibaca menggunakan jari tangan (tactile) dapat menunjang kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Simpulan kajian ini bahwa metode VAKT sebagai proses pembelajaran yang menggabungkan indra penglihatan, pendengaran, dan perabaan berpotensi untuk membelajarkan membaca permulaan dalam mengenali bentuk huruf, tanda baca, dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat sederhana yang dibaca oleh anak tunagrahita ringan.

Author Biographies

Alfira Nur Annisyah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Endang Pudjiastuti Sartinah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-16
Abstract View: 74